Trik Instal SO Dengan Flashdisk Untuk Windows 7




Menginstal, ya bagi para pemula itu merupakan hal yang sangat membosankan untuk didengar ! Tetapi bagi para kaum awam mungkin sudah menjadi hal yang biasa, untuk menemukan cara yang baru yang paling efisien lagi. Dalam penayangan kali ini saya menulis tentang bagaimana cara menginstal Operation System dari media removable disk. Akhir-akhir ini juga banyak para webmaster menayangkan tentang cara ini.             
Menginstal windows melalui USB(Universal Serial Bus) flashdisk telah di dapatkan memiliki banyak keuntungan dibandin dengan media CD atau DVD disk. Tentu dalam penginstalan dengan USB ini kita tidak akan khawatir akan CD atau DVD yang sulit dibaca oleh CD atau DVD-ROM.Dalam kali ini saya akan mencoba menuliskan dengan 2 cara menginstal lewat USB flashdisk, yaitu secara Manual dan Otomatic. Dan dalam tahap ini kita inginmelakungan penginstalan windows 7.Tentu dalam hal ini kita harus menyediakan alat dan bahanya, seperti flashdisk yang dianjurkan berkapasitas >=4 GB.

  1. Manual Mode

  • Colokkan USB Flaskdisk anda. (masukin ke usb port yah, jgn ke tempat lain).
  • Tekan Tombol WIN+R, ketik cmd dan klik OK.
  • Ketik diskpart dan tekan ENTER.
  • Ketik list disk, tekan ENTER dan pilihlah yang mana adalah USB flashdisk anda, hati2 jangan salah pilih nanti salah2 yg keformat adalah disk yang lain. jikalau anda punya hanya 1 harddisk makan USB flaskdisknya adalah disk1.
  • Ketik select disk 1 dan tekan ENTER. Ketik clean dan tekan ENTER. Ketik create partition primary lalu tekan ENTER. Ketik select partition 1 dan tekan ENTER Ketik active dan tekan ENTER. Ketik format fs=fat32 dan tekan ENTER Ketik assign dan tekan ENTER Ketik exit dan tekan ENTER. Masukkan disk DVD windows 7  dan copy lah semua isi DVD tadi ke USB Flaskdisk anda.
  • Booting komputer anda melalu USB Flashdisk, setting malalui bios komputer anda, pastikan boot nya melalui USB Flashdisk, apabila langkah2nya betul, maka proses instalasi windows seharusnya berjalan melalui USB Flashdisk

      2.Otomatic Mode
     
         Dari mode yang saya tulis ini mengandung kata otomatis, kita akan melibatkan system aplikasi yang mengenai bagaimana cara mengistal lewat flasdisk ini tentunya. Adapun software yang akan kita gunakan dalam melakkukan pengaturan menginstal dari flashdisk adalah WinToFlash, yang dimana aplikasi ini akan melakukan pengsettingan manual seperti yang di atas. Kita hanya perlu memiliki dan menjalankan prongram tersebut

Adapun langkah dan cara pengoperasianya adalah sbb ;
  1. Unduh dulu program WinToFlash versi terbaru. (download link diakhir artikel)
  2. Ekstrak dan jalankan file WinToFlash.exe
  3. Klik tombol “Check” dan mulailah proses Windows setup transfer wizard.
  4. Klik “Next”
  5. Pilih lokasi file Windows 7 dan lokasi USB Flaskdisk anda. klik “Next”.
  6. Pilih “I Accepted the terms of the license agreement” dan klik “Continue”
  7. Klik OK untuk memulai memformat USB Flashdisk dan file2 windows 7 secara otomatis akan dimasukkan ke USB Flashdisk.
  8. Klik “Next” apabila selesai pengopian, dan bootinglah komputer anda melalui USB Flashdisk tadi. apabila langkah2nya betul, maka proses instalasi windows seharusnya berjalan melalui USB Flashdisk.
Berikut lah tampilan program yang akan kita jalankan !


Bonus ….

Ada juga cara lain yang otomatis dalam menginstal lewat flashdisk , yang mungkin ini lebih aman jika dibandingakan dengan cara-cara di atas. Karena dalam tahap ini kita menggunakan aplikasi asli dari windows yang dirancang untuk melakukan install windows seven dari media lain, kecuali CD/DVD. Seperti dari removable Disk. Berikut sekilas tentang !
Dan dalam hal ini tentu kita harus memiliki koneksi internet yang cukup menghunjuk, karena kita harus mengunduh CD masternya dari Microsoft Store.
Sesudah Download dan install lalu jalankan programnya, pada langkah ke-1 pilih lokasi file .iso windows7 kita, lalu langkah ke-2 pilih apakah akan di install ke usb flashdisk tau bakar ke DVD disk.
Baru baru ini saya menemukan lagi perangkat lunak baru untuk membuat flashdisk kita menjadi CD/DVD, utility ini mengubah flashdisk kita menjadi installer untuk windows vista dan windows 7. Cara memakainya cukup mudah, tinggal pilih lokasi drive flashdisk kita dan sumber CD/DVD windows vista atau windows 7 kita.
 

More Ide >
Adapun cara lain lagi untuk membuat flasdisk kita agar bisa dipakai untuk menginstall windows 7 ialah dengan memakai tool yang bernama EasyBCD, berikut langkah2nya:


  1. Kemudian colokkan flaskdisk nya ke port USB komputer kita, lalu format lah dengan memakai partisi FAT32
  2. Jalankan program EasyBCD dan klik tombol “Bootloader Setup” di panel sebelah kiri.Dibawah kotak “Create Bootable External Media“, pilihlah flashdisk yang akan kita buat untukmenginstall windows 7.
  3.  Kemudian klik tombol “Install BCD” dan tunggu sebentar sampai muncul kotak dialog berikut:Klik tombol “Yes” lalu tutuplah program EasyBCD, kemudian masukkan DVD windows 7 ke komputer/laptop..      
  4. Setelah itu, copy lah semua isi DVD windows 7 tadi ke flashdisk yang telah kita siapkan tadi, jika anda punya file .iso windows 7, ekstrak dahulu ke folder yang telah kita tentukan, kemudian baru di copy ke flaskdisk tadi. Selesai, sekarang flasdisknya sudah bisa dipakai untuk menginstall windows ke laptop / komputer kita.
  1. Demikian trik yang baru untuk membuat fd kita agar bisa dipake untuk menginstall windows.
    Dan untuk menguji apakah usb flashdisk atau disk DVD windows kita berhasil atau ngga dapat 
    menggunakan program / tools MobaliveCD.
  •   WinToFlash (Download)
  • Windows USB/DVD Tools (Download)
  •  EasyBCD (Download)
  •  MobaliveCD (Download)
Untuk windows usb tools, EasyBCD, MobaliveCD belum bisa download nya ga sempat nuat linknya maaf ya !
Untuk commant saya terima dengan senang hati  !




Share your views...

0 What do you think about "Trik Instal SO Dengan Flashdisk Untuk Windows 7"

Flag visitor

free counters

Alexa rank

 

Tell me to add Free BackLink


Backlink and Site Meter

© 2012 HudonHita Redesign by Bryan Ambarita Converted into Blogger Template by HackTutor